Kamis, 02 Mei 2013

Contoh Proposal Beasiswa




PROPOSAL


PERMOHONAN BANTUAN BIAYA PENDIDIKAN
STRATA DUA (S2)












 


















Universitas Islam Nusantara Bandung
Tahun Akademik
2012-2013

I. Latar Belakang
Banyak Persoalan Bangsa ini yang bersumber dari buruknya akhlak. Masalah akhlak ini bukan hanya melahirkan masalah individual dalam kehidupan sosial namun boleh dikatakan sudah merusak kehidupan sosial. Korupsi menjadi penyakit bangsa yang kronis dan nyaris tak bisa disembuhkan. padahal secara formal, pendidikan agama diajarkan sejak pendidikan usia dini hingga pergururan tinggi. Agama dibelajarkan sejak dari lingkungan keluarga, Masyarakat hingga Sekolah.
Lantas apa yang salah dengan pendidikan agama di Indonesia ini ? Salah materi pembelajaran atau salah cara dalam mengajarkan pendidikan agama? Memang kita perlu mencari akar masalahnya, namun tidak perlu menghabiskan waktu untuk menyalahkan,. lebih baik kita berikhtiar untuk mencari jalan keluar dari masalah pendidikan agama sekarang ini sekaligus berikhtiar mengatasi permasalahan akhlak bangsa.
Di sisi lain Pendidik dituntut untuk terus mencari materi pembelajaran dan cara membelajarkan agama Islam yang sesuai dengan perubahan dan perkembangan konteporer. Pendidik tidak bisa berdiam diri dengan segudang permaslahan pendidikan kita sekarang ini. Pendidik haruslah merumuskan dan terus memikirkan segi-segi mana yang harus diubah, diperbaiki dan dipertahankan. Kita dituntut untuk menyajikan pendidikan Agama Islam yang mendorong perubahan perilaku peserta didik menjadi manusia yang berahklak mulia.
Dalam dunia pendidikan, komponen yang berperan sangat besar dalam upaya  pengembangan sumber daya manusia ialah pendidik. Pendidik merupakan orang yang paling terdepan dan bertanggung jawab dalam mencerdaskan generasi bangsa. Agar tugas "Pencerdasan" dapat dilakukan dengan benar oleh pendidik, maka pendidik harus diberikan berbagai bekal ilmu pengetahuan yang relevan dengan kebutuhan hidup diberbagai lapangan pekerjaan melalui pendidikan yang profesional.
Salah satu upaya yang dilakukan dalam pembinaan profesionalitas guru ialah dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Merupakan perwujudan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 BAB II Pasal 3 (tiga) yang antara lain menyebutkan "Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka nencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak Mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara demokratis serta bertanggung jawab" Menyadari tanggung jawab profesional dan pesatnya perkembangan llmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang hanya dapat diperoleh dengan upaya penguasaan ilmu pengetahuan.
Untuk dapat melanjutkan pendidikan  kejenjang S2 (Starata dua) selama empat Semester, dibutuhkan kemampuan, waktu, tenaga dan biaya yang cukup. karena dianggap memiliki kemampuan yang memadai untuk mengikuti pendidikan. Sedangkan waktu dan tenaga cukup tersedia, namun kendala utama yang saya hadapi adalah tidak tersedianya dana yang cukup karena itu perlu dicari alternatif untuk menyelesaikan persoalan dana tersebut.

II. Dasar Hukum / landasan
a.  Pancasila dan Undang-Undang Dasar RI 1945
b.   Undang-Undang No.20 tahun 2003 Tentang sistem pendidikan Nasional RI
c.    Undang-Undang No 22 Tahun 1999 Tentang Otonomi Daerah dan Undang-Undang No 25          Tahun 1999 Tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah
d.   Visi dan Misi Dinas pendidikan Kota Bandung :
Visi
     Terwujudnya warga kota yang cerdas, produktif, dan berakhlak mulia guna mendukung bandung sebagai kota jasa bermartabat
M i s i :
  1. Peningkatan mutu pendidikan
  2. Pengembangan infrastruktur dan sarana pendidikan  
  3. Peningkatan kinerja dan pelayanan pendidikan
  4. Peningkatan profesionalisme dan kesejahteraan tenaga kependidikan
  5. Pengembangan manajemen pendidikan


III. T u j u a n
Proposal ini dibuat dan diajukan dengan tujuan:
a.          Mendapatkan kebutuhan Biaya Pokok dalam menempuh pendidikan pada jenjang strata 2 (S2)
b.      Mendukung upaya pencapaian hasil pendidikan yang optimal dan bermutu oleh mahasiswa
c.       Masa studi diharapkan selesai tepat waktu

IV. Rincian  Biaya Pendidikan Selama 3 Semester

Biaya selama 3 semester
No
Uraian
Volume
Jumlah
Jumlah
1


2
3
4
5
SPP x 3 Semester I
              Semester II
              Semester III
Study Banding
Buku / Literatur
Sidang komprehensif I dan II
Sidang Tesis
3


1
24
2
1
Rp.  5.000.000,-
Rp.  4.000.000,-
Rp.  3.500.000,-
Rp.  1.200.000,-
Rp.       60.000,-
Rp.     250.000,-
Rp. 1.500.000,-


Rp.12.500.000,-
Rp. 1.200.000,-
Rp. 1.440.000,-
Rp.    500.000,-
Rp. 1.500.000,-
Jumlah Terbilang : Tujuh belas juta seratus empat puluh ribu rupiah
Rp. 17.140000,-









V. Penutup
Sebagai bahan pertimbangan bapak, dengan ini saya lampirkan :
1.      Surat keterangan sebagai Mahaiswa Pasca Sarjana Universitas Islam Nusantara
2.      Fotokopi Transkrip Nilai S2 Pendidikan  Agama Islam Semester 1
3.      Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Demikianlah proposal ini saya sampaikan kepada Bapak,  dan besar harapan saya semoga Bapak berkenan mempertimbangkan dan mengabulkannya, akhirnya saya ucapkan terimakasih


Bandung, 4 Januari 20013
    
        Hormat saya


  Endin Suryana Spd.I
  NIS. 21030901100270











Bandung , 4 Januari 2013 
Perihal           : Bantuan dana Perkuliahan
                       Program  Pasca Sarjana
                       Magister Pendidikan Agama Islam

Kepada Yth,
Bapak  Walikota Bandung
di-
Tempat

 Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuhu.

Dengan Hormat. Teriring do’a semoga Allah SWT senantiasa memberikan  kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan roda kepemimpinan sebagai Wali Kota Bandung.
Berdasarkan surat kepetusan rektor Universitas Islam Nusantara nomor 01/ PPs.PAI-UIN/VII/ 2012 bahwa saya yang bernama Endin Suryana Spd.I telah tercatat sebagai mahasiswa Program Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Nusantara 2012/2013
Guna kelancaran proses belajar di Program Magister Pendidikan Agama Islam,  dengan ini saya mengajukan proposal bantuan dana Kuliah di Universitas Islam Nusantara Bandung. Adapun jumlah dana yang dibutuhkan selama mengikuti perkuliahan (diharapkan berasal dari Pemerintah Kota Bandung) adalah sebesar Rp. 17.140000,- (Tujuh belas juta seratus empat puluh ribu rupiah) rincian dana terlampir.

Demikianlah surat permohonan bantuan dana Program Magister Universitas Islam Nusantara  ini saya buat dengan sebenar-benarnya, atas bantuan yang diberikan Bapak Walikota saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Waromatullahi Wabarokatuhu

      Pemohon


Endin Suryana Spd.I
NIS. 21030901100270

Tidak ada komentar:

Posting Komentar